Minggu, 21 November 2010

SELEB

SHARIA ECONOMY CELEBRATION 3rd (SELEB)

Ekonomi Islam yang merupakan cabang dari sistem Islam yang kaffah merupakan sebuah jawaban komperhensif dari kegagalan sistem ekonomi Global yang menghasilkan kekayaan di sebagian individu dan menyebabkan kesengsaraan di sebagian besar lainnya. Pertumbuhan yang begitu pesat baik di Indonesia dan di beberapa menambah cacatan positif dari sistem yang akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat penggunanya. Ekonomi Islam yang sebenarnya bukan barang baru lagi mengingat kejayaan Ekonomi Islam sejak Rosullulah SAW hadir di bumi ini untuk menyempurnakan Akhlak, dan pasca itu pula banyak sekali bukti tentang kesempurnaan konsep yang diturunkan Allah SWT. Saat bangsa barat mengharamkan laba islam justru mendukung sepenuhnya tentang konsep laba serta mengharamkan adanya riba.
Indonesia sendiri sekarang telah mengenal dual System Economy dimana Ekonomi Syariah merupakan salah satu sistem yang segera akan mendominasi. Lewat potensi pasar yang begitu besar, ekonomi Islam tumbuh dengan pondasi yang kukuh. Lembaga keuangan syariah di Indonesia sudah banyak terbentuk mulai dari Perbankan syariah, Asuransi Syariah, BMT, BPRS, lembaga Zakat, Sukuk, dll. Seakan sudah menjadi bagian penting dari Ekonomi bagi masyarakat mengingat keuntungan yang begitu besar baik secara vertikal maupun Horizontal.Maka sudah seharusnya berbagai element tingkat jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi mampu menghasilkan Sumber Daya Insani yang memahami tentang ilmu ekonomi syariah baik dalam tataran teori maupun praktek untuk menunjang tumbuh kembangnya perekonomian syariah
Salah satu wujud tercapainya tujuan dan luaran yang diharapkan dari tujuan pendidikan tersebut, ialah munculnya insan-insan intelektual yang memiliki kesadaran kritis terhadap realitas ekonomi kehidupan bangsanya. Para pelajar baik siswa maupun mahasiswa sudah barang tentu diharapkan memiliki kemampuan penalaran dan kesadaran kritis tersebut terhadap fenomena perekonomian  terkini. Salah satu parameternya adalah seberapa besar wacana-wacana kritis yang muncul dari kalangan pelajar.


Atas dasar pemikiran di atas maka Kelompok Studi Ekonomi Islam FE UNJ menggagas suatu rangkaian acara bertajuk SELEB (Sharia Economy Celebration) dengan tema “Let’s Wealth the world with sharia economy”. Rangkaian acara ini diharapkan dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para insan pendidikan mengenai ekonomi syariah dan memunculkan kepedulian bersama untuk membangun dan mengembangkan perekonomian syariah  dalam rangka  mewujudkan perekonomian yang makin baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar